5 Fakta tentang ‪Muslim‬ di ‪‎Kamboja‬ | ‪Ramadhan Inilah Umatku, Dimana Daulahku?

1. Saat ini diperkirakan tidak kurang dari setengah juta penduduk Kamboja yang memeluk agama Islam.

2. Kamboja termasuk salah satu negara yang paling homogen di dunia, yang hampir seluruhnya terdiri dari etnis Khmer saja, ternyata di dalamnya terdapat etnis Champa yang oleh masyarakat lokal lebih dikenal dengan Khmer Islam. Nenek moyang Kaum Muslim Kamboja merupakan penduduk kerajaan Campa di Vietnam yang menguasai semenanjung Indochina.

3. Selain etnis Champa, Islam juga dianut oleh sejumlah keturunan Melayu yang menjadi penduduk di Kamboja dan juga para pendatang dari negara-negara yang sebagian besar penduduknya adalah Muslim.

4. Saat ini Umat Islam di Kamboja sudah bisa hidup tenang, karena dahulu Muslim Kamboja berada dalam ketakutan ketika pasukan ultrakomunis Khmer menguasai Kamboja pada 1975. Mereka mencabut perlindungan hukum yang diberikan kepada komunitas agama dan berusaha memangkas populasi Islam di wilayah tersebut.

5. Pada 1979, ketika kekuasaan Khmer jatuh, sekitar 500 ribu Muslim atau sekitar 70 persen dari populasi Muslim di Kamboja dibunuh. Pemerintah Khmer Merah juga menghancurkan masjid, madrasah, mushaf serta melarang kegiatan-kegaiatan keagamaan. Termasuk pelarangan menggunakan bahasa Campa, bahasa kaum muslimin di Kamboja

Diolah dari berbagai sumber termasuk dari harian Republika


Iringi geliat kebangkitan umat dengan Menyebarkan Opini ini
Dari Redaksi #FareasternMuslimah
Menggiatkan opini #MuslimahTimurJauhuntuk Kebangkitan Islam dari Timur
Facebook: https://m.facebook.com/Far.Eastern.Women.4.Khilafah
Twitter #MuslimahTimurJauh@fika_komara
Instagram @muslimah_timur_jauh

Advertisements