Posted in Pendidikan, Uncategorized

Visi Pendidikan Sekuler VS Islam

#الخلافة_التعليم 
#khilafah_education#pendidikan_khilafah

Sistem pendidikan sekuler terbukti telah gagal melahirkan manusia shaleh yang sekaligus mampu menjawab tantangan perkembangan melalui penguasaan sains dan teknologi. Pendidikan yang sekuler-materialistik ini memang bisa melahirkan orang yang menguasai sainsteknologi melalui “pendidikan umum” yang diikutinya, tapi pendidikan semacam itu terbukti gagal membentuk kepribadian peserta didik dan penguasaan tsaqofah Islam. Agama ditempatkan sekadar sebagai salah satu aspek yang perannya sangat minimal, bukan menjadi landasan dari seluruh aspek.

Sementara pendidikan Islam justru melandaskan semua kurikulum pendidikan, mata pelajaran, & metodologi pendidikan semua berdasarkan pada Aqidah Islam. Strategi pendidikan: membentuk pola pikir (‘aqliyyah) dan pola sikap (nafsiyyah) Islami. Seluruh mata pelajaran disusun berdasarkan strategi itu.

Tujuan pendidikan Islam secara garis besar mencakup 3 hal sebagai berikut: 
1. Kepribadian Islam/ tingkah laku yang berdasarkan akidah Islam, dari sistem pendidikan islam ini diharapkan menghasilkan orang-orang yang bertaqwa.

2. Menguasai Tsaqofah Islam (Ilmu-ilmu Islam), dari sistem pendidikan Islam diharapkan mampu menghasilkan para mujtahid dan para ulama’.

3. Menguasai ilmu untuk mengarungi kehidupan yaitu sains, teknologi, keahlian dan ketrampilanyang memadai. Sistem pendidikan islam diharapkan mampu menghasilkan tehnokrat, saintist dan para penemu […]

Advertisements

Author:

Muslimah Pejuang Syariah & Khilafah | Blogger | Writer | Sedang berjuang menuntaskan amanah sebagai anak, mahasiswa, dan pengemban dakwah. Doakan agar istiqamah. Semoga kita bersua di jannah-Nya..Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s