Ketika Muadzin seorang Astronom [Prof. Dr. Fahmi Amhar]

#الخلافة_التعليم 
#khilafah_education#pendidikan_khilafah 

Pernahkah Anda berlomba untuk memperebutkan posisi sebagai muadzin di masjid? Muadzin mungkin bukan orang nomor satu di sebuah masjid. Kedudukan itu barangkali lebih tepat diberikan kepada imam. Namun Rasulullah pernah bersabda, “Andaikata umatku tahu besarnya pahala mengumandangkan adzan, barangkali setiap saat aku harus mengundinya di antara mereka”. Untuk menjadi muadzin biasanya diperlukan sejumlah syarat, antara lain: memiliki suara yang lantang tetapi indah; tidak dikenal sebagai orang yang fasik; dan tentu saja bersedia datang lebih awal untuk mengumandangkan adzan. Ini artinya, muadzin harus hafal kapan saat-saat shalat, yang setiap harinya bisa bergeser beberapa menit.

Tetapi dulu, seorang muadzin wajib mengetahui sendiri saat-saat shalat. Karena saat-saat shalat ditentukan oleh posisi matahari, maka seorang muadzin harus sedikit banyak tahu tentang astronomi. Bahkan karena ilmu ini juga dibutuhkan untuk mengetahui arah kiblat dan awal/akhir puasa, maka praktis seorang muadzin harus seorang astronom! Untuk itulah, di masa lalu, semua muadzin wajib memiliki sertifikasi (ijazah) ilmu falak dasar, yakni astronomi dasar untuk persoalan jadwal shalat, puasa dan arah kiblat.

Untunglah, banyak ulama Islam yang mencurahkan hidupnya untuk memudahkan pekerjaan ini. Mereka membangun dasar-dasar ilmu falak dan lebih dari itu juga astronomi untuk navigasi di medan jihad. Walhasil, banyak juga muadzin yang karena kemampuan astronomi ini lalu direkrut untuk jihad fi sabilillah. Jadi di belakang predikat seorang muadzin, tidak cuma tersembunyi kemampuan mengumandangkan adzan dengan indah, tetapi juga ilmu astronomi dan pengalaman jihad. Subhanallah.

Sumber : Media Umat http://mediaumat.com/mercusuar/1838-37-ketika-muadzin-seorang-astronom.html
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s