Kalender Akademik Pendidikan Khilafah

#الخلافة_التعليم 
#khilafah_education#pendidikan_khilafah

Jenjang persekolahan terdiri dari 36 periode (daurah) sekolah yang berlangsung secara berurutan. Setiap periode lamanya 83 hari (sekitar tiga bulan) dan dibatasi oleh sekumpulan materi ajar. Seorang siswa akan memulai dari periode pertama, jika berhasil akan dinaikkan ke periode berikutnya sampai ia lulus semua 36 periode. Satu tahun hijriyah dibagi menjadi 4 periode, dimana masing-masing dipisahkan dengan 3 hari libur.

Di bawah pengaturan Khilafah, seorang anak bisa segera masuk sekolah saat usia 6 tahun (berdasarkan kalender Hijriyah). Sebagai hasilnya, sekolah negeri akan menerima murid baru saat permulaan periode sekolah dari 4 periodenya (per Triwulan). Ia bisa memasuki salah satu dari 4 periode Triwulan itu yang paling mendekati usianya yang ke-6 tahun (hijriyah).

Seorang siswa yang terus belajar tanpa mengambil cuti dan lulus, dapat menyelesaikan 36 periode (triwulan) dalam 9 tahun, sehingga menyelesaikan sekolah pada usia 15 tahun. Namun jika masa belajar siswa rata-rata 3 periode setahun, maka ia dapat menyelesaikan pendidikan mereka pada usia 18 tahun. Jika mereka mencapai 20 tahun namun belum juga lulus ujian umum, mereka akan dikeluarkan dari studi reguler dan dapat memilih antara masuk sekolah vokasi (kejuruan) atau mencoba kembali 35 kali ujian umum lagi untuk bergabung pada pendidikan universitas jika berhasil.

Diambil dari buku Hizb ut Tahrir “Strategi Pendidikan Khilafah” http://www.hizb-ut-tahrir.org/index.php/AR/bshow/2217/ 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s