Catatan Muslim di Barat

#الخلافة_التعليم 
#khilafah_education#pendidikan_khilafah


Pendidikan merupakan hal yang penting bagi masyarakat. Pendidikan memainkan sebuah peran yang integral dalam menyampaikan nilai-nilai dan standar dari masyarakat kepada individu dan kemudian kembali ke masyarakat, sehingga melestarikan dan memproyeksikan ideologi yang dicerminkannya.

Karena itu penting bagi seorang Muslim memahami sistem pendidikan yang diterapkan bagi mereka di dunia Barat adalah pendidikan yang tidak Islami dan mempromosikan cita-cita yang bukan bagian dari Islam. Hal ini ditanamkan pada anak murid muslim di Barat hampir setiap hari. Mengingat bahwa sistem pendidikan merupakan hal yang penting dalam pembentukan identitas, dan ini seharusnya menjadi perhatian besar bagi komunitas muslim.

Ini adalah waktu yang tepat bagi kita, sebagai Muslim, mengevaluasi kembali apa yang kita ketahui tentang pendidikan dan menyadari bahwa hal ini merupakan mekanisme ideologi, bukan entitas netral. Oleh karena itu, kita harus melindungi diri kita sendiri dari apapun yang berasal dari sistem pendidikan yang asing bagi Islam dan memastikan bahwa perlindungan ini juga dilakukan di dalam komunitas kita. Meskipun demikian, yang sangat penting, kita harus menyadari bahwa Islam memiliki sistem pendidikan yang berbeda yang meliputi akidah Islam dan menciptakan kepribadian Islam kohesif yang unggul dalam spiritual maupun material bagi individu dan juga masyarakat.

Ini adalah hubungan timbal balik yang menjadikan masyarakat menguatkan individu, begitu pula sebaliknya. Dengan demikian, Ideologi Islam secara terus menerus diperkuat dan semua lapisan masyarakat akan merasakan manfaat generasi unggul muslim yang memiliki hubungan dengan agamanya dan Allah SWT sembari juga menjadi garda terdepan dalam penemuan materi, kemajuan, dan kerja keras[…]Pendidikan mencerminkan keadaan masyarakat dalam beberapa cara yang berbeda. Ada banyak nilai dan standar yang berbeda yang dapat diabadikan dalam sebuah sistem pendidikan, dan keadaan masyarakat dapat dinilai dengan mengukur dan menilai nilai-nilai itu sendiri. Jadi jika nilai-nilai yang tidak Islami, liberal dan bersandar pada pandangan materialistik, masyarakat di mana sistem ini ada dapat dinilai sesuai dengan nilai-nilai tersebut.

Jika cita-cita nasionalistik diajarkan dengan kuat maka secara alami akan ada sentimen superioritas dan inferioritas, berpotensi sikap rasis dan elitis serta pengkucilan terhadap orang-orang yang berbeda dengan norma yang diterima. Jika sikap liberal kapitalis dan individualis diajarkan, maka siswa akan (untuk berbagai tingkat) dapat dikenali secara jelas melalui keserakahan dan keegoisan yang mencirikan kapitalisme itu sendiri. Jika sekularisme didorong, maka siswa akan menampilkan penghinaan terhadap Tuhan, mereka akan menghindari spiritualitas dan akan meremehkan religiusitas.

Ini adalah sesuatu yang siswa Muslim pasti terpapar di masyarakat Barat melalui sekolah dan sistem pendidikan mereka. Ini berarti bahwa semua ide-ide ini harus dilawan di dalam rumah-rumah kaum Muslim, dan ini akan menjadi pertempuran terus-menerus. Alasan bahwa rumah tangga kaum Muslim harus berjuang secara konsisten dengan cara ini adalah karena sistem pendidikan yang membentuk pikiran anak-anak mereka adalah sesuatu yang benar-benar asing bagi Islam. Semua ini adalah alasan bagi umat Islam untuk secara terpadu berusaha membentuk masyarakat sesuai dengan yang didefinisikan oleh Islam sehingga pendidikan yang akan terbentuk menjadi Islam juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s