Bagaimana Pendidikan Membentuk Nilai-Nilai dan Identitas?

#الخلافة_التعليم
#khilafah_education#pendidikan_khilafah

Nilai-nilai dan perspektif yang diajarkan dalam sistem pendidikan tidak hanya akan mempengaruhi individu, tetapi sangat mungkin untuk mendefinisikan mereka sepenuhnya. Sebuah sistem, menurut definisi, adalah seperangkat nilai-nilai atau ide-ide yang diwujudkan melalui struktur tertentu. Hal tersebut merupakan kemampuan struktur untuk memaksakan dirinya pada individu yang memungkinkan nilai-nilai melakukan transisi dari sistem ke individu.

Dengan demikian, sistem pendidikan, melalui akses tak terbatas pada mahasiswa dan anak muda, berada dalam posisi yang sangat kuat ketika datang untuk menyebarkan nilai-nilai tertentu. Inilah sebabnya mengapa sistem pendidikan dengan serius diinvestasikan oleh negara – terdapat pemahaman yang jelas terhadap kepentingannya yang luar biasa. Hal ini bukanlah sebuah kebetulan semata, setelah pendudukan kolonial di negeri-negeri kaum Muslim, sistem pendidikan segera ditargetkan dan diubah.

Melalui nilai-nilai ini kemudian akan membentuk identitas masyarakat dengan sendirinya. Dengan demikian, hubungan antara sistem pendidikan dan nilai-nilai yang turut mempromosikan serta kemudian membentuk identitas merupakan hal yang sangat jelas dan penting bagi mereka yang hendak membangun kepribadian tertentu.

Sudut pandang ideologis terhadap sistem pendidikan tertentu akan menentukan jenis kepribadian yang khas sebagai hasilnya […]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s