Posted in Pendidikan, Uncategorized

Apakah Peran Pendidikan di dalam Sebuah Masyarakat?

#pendidikan_khilafah#Khilafah_education
#الخلافة_التعليم

Pendidikan membentuk suatu masyarakat dan merupakan mekanisme yang ‘sangat disengaja’ yang digunakan untuk menjaga nilai-nilai, standar, dan tsaqofah masyarakat tertentu. Pelembagaan nilai-nilai dan standar tertentu dalam sistem pendidikan adalah apa yang menjamin bahwa nilai-nilai tersebut akan diteruskan dari generasi ke generasi, dan dengan demikian secara kontinyu termanifestasi di dalam masyarakat. Inilah mengapa ideologi sangat menyatu dengan dunia pendidikan -ideologi menentukan bagaimana pendidikan disampaikan melalui sistem pendidikan dan bahwa sistem pendidikan adalah salah satu cara kunci yang dibuat oleh ideologi di dalam masyarakat.

Sering diasumsikan bahwa sistem pendidikan, bersifat netral –bahwa sistem pendidikan mengajarkan cara/ mekanisme untuk mengetahui kebenaran, namun justru tidak ada penghargaan yang diberikan kepada cara-cara lain dalam mengetahui dan memahami realitas. Bahkan dalam hal literasi, bagaimana teks-teks dipahami dan diinterpretasikan adalah sangat ideologis. Siswa diajarkan bahwa beberapa teks bersifat terbuka untuk diinterpretasikan secara penuh dan bahwa seringkali tidak ada jawaban “benar atau salah” selama subjektivitas siswa dapat dibuktikan entah bagaimana caranya. Jelaslah, ini bukan pendekatan Islam terhadap teks melainkan apa yang diajarkan oleh sistem pendidikan Barat.

Terdapat cara-cara eksplisit dan implisit dalam menjaga dan menyebarluaskan nilai-nilai ideologi di dalam sebuah masyarakat. Sistem pendidikan merupakan sebuah metode yang melakukan keduanya, baik melalui nilai-nilai dan standar-standar pengajaran secara langsung maupun melalui nilai-nilai dan standar-standar yang tertanam, yang nampak seperti wilayah-wilayah yang netral.

Advertisements

Author:

Muslimah Pejuang Syariah & Khilafah | Blogger | Writer | Sedang berjuang menuntaskan amanah sebagai anak, mahasiswa, dan pengemban dakwah. Doakan agar istiqamah. Semoga kita bersua di jannah-Nya..Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s