PELAJARAN SYUKUR (1)

Bismillah..selalu ada cara bagi Allah untuk menunjukkan kita pada jalan kebenaran. Dan kebenaran itu, sejatinya adalah apa-apa yang terdapat dalam Alquran dan as Sunnah. Berpeganglah pada keduanya, niscaya engkau tak akan celaka.

Syukur adalah salah satu pelajaran yang dapat diambil dari Alquran. Syukur ini menjadi barang langka yang penting. Lantaran dalam Alquran disebutkan bahwasannya kebanyakan manusia adalah makhluk yang tak pandai bersyukur.

Betapa sering kita sebagai anak mengeluh tatkala makanan yang tersaji di depan mata tak sesuai harapan. Kita berharap makan daging sementara di depan mata hanyalah lauk tempe atau tahu. Bandingkan dengan saudara-saudara kita yang bahkan untuk makan sekali waktu saja, susahnya minta ampun. Jangankan untuk menyantap makanan 4 sehat 5 sempurna, makan sisa-sisa bungkusan nasi saja, bukan main syukur mereka.

Salah satu fragmen pembelajaran tentang syukur, saya dapatkan malam ini lewat penjelasan seorang guru. Di sela-sela pembelajaran, beliau menyelipkan perkataan agar kami bersyukur. Sebab apa? Bersyukurlah jika lidah-lidah kalian masih bisa digerakkan untuk melafadzkan kalimat Laa hawla wa laa quwwata illa billaah, yang bahkan penguasa kita tak sanggup untuk melafadzkan kalimat agung tersebut.

Ya..sebagai hamba yang sering mengkufuri nikmat-Nya berupa nikmat sehat, nikmat harta, kelapangan waktu, dan nikmat-nikmat lainnya, tepat rasanya analogi yang beliau berikan. Singkat tapi menyayat. Sambil beliau meminta kami untuk melafadzkan kalimat tersebut bersama-sama, kami mengucapkannya dengan lancar, alhamdulillah. Dan lagi, kami diminta bersyukur dan berdo’a agar setiap saat, bagaimanapun kondisinya, lidah kami tetap lancar mengucapkan kalimat agung itu, seperti saat kami mengucapkannya beberapa saat lalu.. :’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s