Posted in Renungan

YANG PAILIT DARI UMATKU

Sahabat..pernahkah kita merasa selamat ketika melakukan banyak ketaatan kepada Allah SWT? Surga seakan-akan telah berada di genggaman manakala kita telah jor-joran bertaqarrub kepada Allah SWT dengan banyak melakukan shalat sunnah semisal shalat tahajjud, shalat rawatib, atau amalan lainnya seperti shaum sunnah dan berzakat. Tapi tahukah bahwasannya itu semua belumlah cukup untuk menghindarkan diri kita dari adzab neraka. Barangkali kita telah melakukan taqarrub semaksimal mungkin kepada Allah SWT. Namun, adakalanya kita lupa bahwasannya ada manusia di sekitar kita yang tak selamat dari lisan kita. Kita pernah mencela si A, menuduh si B, mengghibah si C, melakukan adu domba, dan semisalnya yang mencederai kehormatan sesama muslim. Jika kita pernah bahkan sampai saat ini masih melakukan perbuatan di atas, maka sadarilah..mungkin saja kita berpotensi menjadi orang yang bangkrut di akhirat kelak. 

Ingatlah sebuah kisah yang diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bertanya:

“Apakah kamu tahu siapa orang yang pailit?”

Kemudian para sahabat menjawab:

“Orang yang pailit adalah orang yang tidak memiliki dirham dan tidak memiliki harta benda.”

Lalu Rasulullah SAW menimpali:

“Sesungguhnya orang yang pailit dari umatku adalah seorang yang datang pada hari kiamat dengan membawa pahala shalat, puasa, dan zakat. Namun sayang ia telah mencela si Fulan dan menuduh si Fulan, telah menumpahkan darah si Fulan dan telah memukul si Fulan. Maka kebaikannya akan diberikan kepada orang-orang yang telah dia sakiti. Apabila kebaikannya sudah habis padahal perkaranya belum selesai maka dosa orang-orang yang ia sakiti diberikan kepadanya kemudian ia pun dilemparkan kedalam Neraka.”
(HR. Muslim (no. 6744))

Astaghfirullah..semoga kita tidak menjadi orang yang bangkrut kelak di akhirat..

#YukHijrah
#YukTobat
#KarenaMatiTidakMenungguTua

Advertisements

Author:

Muslimah Pejuang Syariah & Khilafah | Blogger | Writer | Sedang berjuang menuntaskan amanah sebagai anak, mahasiswa, dan pengemban dakwah. Doakan agar istiqamah. Semoga kita bersua di jannah-Nya..Aamiin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s